Definisi Tajwid Dan Hukum Mempelajarinya



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
A. Pengertian Tajwid
            Tajwid secara bahasa adalah membaguskan atau memperindah. Dalam ilmu Qiro’ah, tajwid berarti mengeluarkan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang dimilikinya. Jadi ilmu tajwid adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara membunyikan atau mengucapkan huruf-huruf yang terdapat dalam kitab suci Al-Qur’an maupun bukan. Pengertian lain dari ilmu tajwid ialah menyampaikan dengan sebaik-baiknya dan sempurna dari tiap-tiap bacaan ayat Al-Qur’an.
B. Tujuan Mempelajari Ilmu Tajwid
            Ilmu tajwid itu mempunyai tujuan, yaitu agar dapat membaca ayat suci Al-Qur’an Secara Fashih(betul/benar) dan Lancar. serta dapat memelihara lisannya dari kesalahan-kesalahan ketika membaca al-Qur'an.
C. Dalil Ilmu Tajwid
 1. Firman Allah SWT. Dalam QS. Almuzammil(73) ayat 4
وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلًا
Artinya:
“Dan bacalah Al Qur'an itu dengan perlahan-lahan(Tartil)”.
Maksud dari arti tersebut adalah kita harus membaca Al-Qur’an Secara Tartil. Tartil ialah membaca secara pearlahan-lahan dan tidak tergesa-gesa. Diantaranya adalah memperhatikan potongan ayat, kesempurnaan makna, dan permulaan.
2. Sabda Rosulullah
جَوِّدُ الْقُرْآنَ فَإِنَّ التَّجْوِيْدَ حِلْيَةُ الْقِرَاءَةِ  

"Baguskanlah bacaan al-Qur'an, maka sesungguhnya membaguskan bacaan al-Qur'an itu hiasan qira'at (bacaan)." [HR. Turmudzi].

D. Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid
hukum bagi mempelajari tajwid itu adalah fardhu kifayah tetapi mengamalkan tajwid ketika membaca al-Quran adalah fardhu’ain atau wajib kepada lelaki dan perempuan yang mukallaf atau dewasa.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Definisi Tajwid Dan Hukum Mempelajarinya"

Posting Komentar